Tupoksi Bagian Pembangunan Setda Kab. Nagekeo

 Tugas pokok Bagian Pembangunan

  • Melaksanakan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintah Daerah.
  • Menyampaikan bahan-bahan perumusan kebijakan di Bidang Administrasi Pembangunan yang meliputi perencanaan Pembangunan,penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan Pembangunan serta penyusunann laporan tahunan program Pembangunan

Fungsi Bagian Pembangunan

  • Menyusun dan menyiapkan rencana program dan petunjuk teknis dibidang Pembangunan .
  • Menyiapkan bahan koordinasi perumusan kebijaksanaan perangkat daerah dibidang administrasi pembangunan.
  • Melakukan pengawasan, pembinaan dan pengendalian dalam bidang administrasi pembangunan.
  • Melakukan monitoring dan pemantauan pelaksanaan pembangunan.
  • Melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan hasil kegiatan pembangunan daerah.
  • Menghimpun data dan menyampaikan laporan realisasi kegiatan pembangunan .
  • Melakukan koordinasi dan kerja sama dengan lembaga / instansi lain dibidang pembangunan.
  • Menyusun rencana kegiatan pada bagian pembangunan.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada sub bagian yang ada sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Bagian Pembangunan dalam melaksanakan tugasnya dipimpin oleh seorang kepala bagian yang dibantu oleh :

  1. Sub Bagian Penyusunan Program
  2. Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan
  3. Sub Bagian Pengendalian Pembangunan

1. Sub Bagian Penyusunan Program

Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas pokok menghimpun seluruh kegiatan program pada bagian pembangunan serta mempersiapkan data/informasi dalam rangka program pembangunan Daerah dan membuat perencanaan serta program di bidang administrasi pembangunan.

sub bagian penyusunan program mempunyai fungsi :

  • Membuat perencanaan dan menyusun program- program kerja pada bagian pembangunan.
  • Menyusun permasalahan dan skala prioritas program dan kegiatan pembangunan Daerah.
  • Mengumpulkan bahan koordinasi dan penyusunan perencanaan pembangunan daerah.
  • Mengumpulkan bahan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan administrasi pembangunan .
  • Melaksanakan pengendalian administrasi pembangunan yang dibiayai oleh pemerintah,bantuan pihak ketiga dan dana pembnagunan lainnya.
  • Membuat dan menyusun hasil program kerja pada bagian pembangunan secara berkala kepada atasan langsung.
  • Melaksanakan asistensi Rencana Kerja Anggaran (RKA) satuan kerja (RKA-DPA-SKPD) yang berhubungan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
  • Menyelenggaran Monitoring dan evaluasi bagian pembangunan dibidang adminstrasi pembangunan.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Menilai prestasi kerja berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.

2. Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan

Sub bagian evaluasi dan pelaporan mempunyai tugas pokok mengelola data dan hasil pelaksanaan program pembangunan daerah serta mengumpulkan bahan evaluasi, dan memantau hasil pelaksanaan program kerja pembangunan daerah serta pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan, secara berkala,mengumpulkan bahan dan melakukan analisa dari hasil kegiatan pelaksanaan pembangunan.

sub bagian evaluasi dan pelaporan mempunyai fungsi :

  • Mengumpulkan bahan pelaksanaan pembangunan di Kota Prabumulih, serta mengelola data pelaksanaan program pembangunan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dana pembangunan lainnya.
  • Mengumpulkan bahan dan melaksanakan analisa data hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan.
  • Mengelola data dan hasil pelaksanaan program pembinaan pembangunan daerah dan menuangkannya dalam bentuk statistik / grafik / tabel.
  • Penelaahan pelaksanaan laporan administrasi pembangunan serta melakukan pembinaan tertib administrasi penyampaian laporan.
  • Menyiapkan bahan laporan serta membuat rekapitulasi laporan hasil kegiatan pembangunan yang dibiayai oleh APBD secara priodik untuk disampaikan kepada Gubernur dan instansi yang terkait.
  • Menyusun dan menyiapkan petunjuk pelaksanaan system pelaporan administrasi pembangunan.
  • Memonitoring/mengendalikan segala program dan kegiatan pembangunan.
  • Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karir.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3. Sub Bagian Pengendalian Pembangunan

Sub bagian pengendalian pembangunan mempunyai tugas pokok menghimpun bahan- bahan untuk penyusunan pengendalian pelaksanaan pembangunan yang dibiayai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah, bantuan pembangunan dan dana pembangunan lainnya serta melaksanakan pengendalian program pembangunan yang dibiayai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah, bantuan pembangunan dan dana pembangunan lainnya serta penyiapan saran penyempurnaannya.

Sub bagian pengendalian pembangunan menyelenggaran fungsi :

 

  • Membantu kepala bagian administrasi pembangunan dibidang tugasnya.
  • Mengumpulkan bahan, penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan pelaksanaan pembangunan dan pengendalian.
  • Menyusun laporan tentang hasil pelaksanaan tugasnya dan kegiatan lainnya.
  • Melakukan inventarisasi permasalahan dibidang tugasnya.
  • Mengadakan penelitian segala usaha kegiatan yang berhubungan dengan masalah pembangunan daerah.
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala bagian adminstrasi pembangunan.
  • Melaksanakan analisis dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan.
  • Mempersiapkan data dan informasi dalam rangka pemecahan masalah dibidang tugasnya.
  • Melaksanakan tugas – tugas lainya yang diberikan oleh kepala bagian pembangunan sesuai dengan bidangnya.
  • Menilai prestasi dan hasil kerja staf yang tetap dicapai untuk peningkatan karir.
  • Melakukan koreksi atas penyimpangan kegiatan pembangunan.
  • Mengendalikan akselerasi atas keterlambatan pembangunan.
  • Klarifikasi atas ketidakjelasan pelaksana rencana pembangunan